TIPS RINGAN dalam menghafal Al Qur'an

            Alquran adalah manual book manusia agar dapat menjalani hidup dengan mudah. Seluruh persoalanhidup manusia dapat diselesaikan apabila berpedoman pada Alqur’an. Betapa mudahnya hidup seseorang bila telah hafal letak ayat dan surah sebagai jawaban atas persoalan yang dihadapi. Hal ini hanya bisa dirasakan oleh orang yang telah hafal dan mengamalkan Alquran.
            Namun,bagaimana bisa menghafal kitab yang bahasanya saja bukan bahasa sehari-hari kita? Dan bagaimana menghafalkan Alquran agarbisa merasuk sampai ke hati? Berikut ini adalah tips yang bisamenjadipanduan; 
1.    Niat
Niat adalah benteng bagi kemalasan dan rasa pesimis dalam menghafal Alquran. Kalau sudah ada niat, maka cobaan apapun akan terlewati.
2.    Percaya Diri
Jika merasa pesimis dalam menghafalkan Alquran maka ingatlah janji Allah SWT, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”(Q.S. Al-Qomar: 17)
Allah sendiri yang telah berjanji dan menjamin bahwa Alquran mudah untuk dihafal. Lalu apa yang masih kita ragukan? Bukankah Allah Maha Menepati Janji?
3.    Tazkiyatun Nafs dan Jauhi maksiat
Bagi seorang penghafal Alquran, kebersihan hati dan jiwa sangatlah penting dalam proses menghafal. Alquran adalah cahaya dan maksiat menghasilkan kegelapan. Tidak mungkin Allah menurunkan kemampuan menghafal kepada orang yang gemar bermaksiat.
4.    Perbaiki Sholat
Apakah sholat kita sudah sesuai dengan sunah Nabi? Bukankah orang yang sholatnya benar maka akan terhindar dari maksiat?.
5.    Sedikit makan
Perut yang sedikit makan (tidak kekenyangan) sangat membantu dalam proses menghafal Alquran.
6.    Jangan terlalu banyak tertawa
7.    Tentukan target
8.    Berdoa
Kita harus terus berdoa agar selalu diberi kekuatan dalam menghafal Alquran siang dan malam. Ketika kita susah menghafal, maka segera berdoalah kepada Allah agar mudah menghafal Alquran.
Wallahu a’lam bisshowab.

Nita Rosita
Santri Rijalul Qur'an tingkat Mahasiswa

0 komentar:

Posting Komentar