Bangun Pesantren di Karimunjaawa


Sungguh sangat istimewa, pulaunya indah,terumbu karangnya cantik, sunsetnya keren. Menjadi destinasi wisata favorit bagi turis asing yang berasal dari berbagai macam negara.. 

Wisatawan yang silih berganti, terus berdatangan sehingga memberikan ‘keuntunngan’ bagi masyarakat setempat. Keuntungan yang nampak jelas adalah keuntungan finansial. Mulai dari rumah sederhana yang disulap menjadi villa cantik.  perahu nelayan yang biasa dipakai ‘branjang’ teri di laut kini juga menjadi tranportasi paling dicari wisatawan untuk tour laut menyebrangi pulau-pulai di karimunjawa. Lahan kosong yang penuh dengan semak belukar pun dilirik banyak orang untuk di beli, dibangun hotel, ruko, dan sejenisnya.  Pengelolaan wisata di karimunjawa sedikit banyak meggeser sumber ekonomi penduduk setempat yang sebelumnya menjadi nelayan di laut. Bahkan disebabkan Banyaknya turis asing di karimunjawa, menuntut penduduk setempat untuk mahir dan fasih berdialek dengan bahasa inggris. 

Namun, ada dampak negatif yang muncul setelahnya. Banyaknya pendatang yang berkunjung ke karimunjawa, selain menjadi ‘sumber rejeki’ masyarakat, mereka membawa budaya dan pola hidup dari daerahnya masing-masing , yang tidak sepenuhnya relevan atau dibenarkan oleh norma-norma budaya ketimuran atau norma agama. Budaya inilah yang kemudian ditiru oleh ‘anak-anak karimun’.Oleh karena itu, perlu ada program untuk mendidik, membimbing anak-anak karimunjawa perihal agama, adab, dan akhlak mereka.

Inilah yang menjada salah satu alasan kuat kami untuk membangun Pesantren Rijalul Qur’an di Kepulauan Karimunjawa. Tanah yang akan kami bebaskan bertempat di Dusun Alang-alang, Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab.Jepara, Jawa Tengah. Tanah seluas 1,2 Hektar ini  kelak akan menjadi tempat bagi anak-anak karimun untuk belajar agama, membaca dan menghafal al qur’an. Selain itu, kami juga akan meyediakan tempat sebagai sarana alternatif liburan keluarga dalam tema Wisata Religi. Memadukan antara tafakur keindahan alam karimnujawa, dengan membawa spirit al qur’an.

Bagi para dermawan yang hendak turut andil dalam wakaf produktif ini, dapat menghubungi 085727484543, atau dapat transfer melalui rek BRI no 6049 01 008730 532 atas nama Rijalul qur’an. Semoga menjadikan kebaika bagi semua.

0 komentar:

Posting Komentar