Mari Gemar Menghafal Qur’an


Mari Gemar Menghafal Qur’an,
Mari Gemar Menghafal Qur’an
Sekolah Penghafal Al Quran - al-qur’an karim atau yang bisa juga dikenal dengan al-furqon adalah wahyu yang dirutunkan kepada nabi muhammada saw .  al qur’an ini merupakan mukzijat yang bisa kita rasakan hingga saat ini keberadaannya. kebiasan orang-orang dahulu dalam menjaganya ialah dengan du’a cara, cara pertama dengan dihafal oleh kaum muslimin serta menulisnya hingga menjadi satu mushaf.  namun dewasa ini bnyak para pemuda terutama mereka yang kuliah diuniversitas islam, seolah-olah al-qur’an ini menjadi beban dalam menghafalnya.

untuk itu saya sebagi penulis ingin memberikan tips-tips agar al-qur’an itu menjadi hal yang mengasik serta menyenangkan dalam menghafalnya.  namun sebelum kita masuk dalam tips-tipsnya , alangkah baiknya kita mengetahui dulu prinsip pokok untuk menghafal qur’an.

a. do’a

sebelum kita memulai menghafalkan kita harus memulainya dengan do’a, serta kita juga mengetahui apa makna al-qur’an, milik siapa al-qur’an ini, dan di turunkan untuk siapa al-qur’an ini. manfaatnya ini agar kita memiliki motivasi dalam menghafal.

b. niat

dalam menghafal al-qur’an kita harus memiliki niat yang murni, sebagaimana yang telah kita ketahui al-qur’an itu merupakan kalamullah , yang dapat disimpan didalam dada manusia, maka untuk itu kita harus luruskan niat kita semata-mata mencari ridha allah SWT.

C. Mengetahui fadhilah al-qur’an

saya sangat yakin , apabila para pembaca tidak mengetahui fadhilah al-qur’an , pasti tidak memiliki semangat dala menghafalnya, hal ini wajib diketahui untuk memberikan semangat oada diri kita,tentu jangan lupa niatnya yang lurus serta benar.

d. punya target

sebaiknya bagi para penghafal memiliki target, hal ini perlu karena karena dengan adanya target, pasti akan tercapai.

e. memiliki amalan unggulan

hal ini penting karena dapat mempermudah kita dalam menghafalnya, amalan unggulan itu seperti sodakoh, sholat tahajud, dan yang lainya.

nah, setelah kita menegatahu prinsip-prinsip poko, baru saatnya saya memeberikan tips-tips dalam menghafalnya. dengan berbagai cara.

1. mushaf jangan diganti

karena dalam menghafal itu kita ibarat memotret foto .yang kita simpan. sama halnya al-qur’an seperti itu, apa yang kita baca akan tersimpan dimemori kita, hal ini dapat mempermudah dlam menghafalnya.

2. diulanginya satu ayat sebanyak 20 kali

hla ini penting dilakukan karena dapat memperkuat hafalan kita.angan pindah sebeum hafalnya menjadi kuat, akan tetapi ada cara lain bagi orang yang gampang bosan, jika memakai cara ini.

3. jika ayatnya panjang dibagi , menjadi 3 bagian.

hal ini dapat mempermudah apa bila menemui ayat yang panjang-panjang, perlu diketahui dalam menghafal bukan prestasi yang dicari, akam tetapi kebersamaan kita bersama al-qur’an tentu hasil hanya allah yang menetukan. manusia hanya berusaha

0 komentar:

Posting Komentar