Apakah Anda Membaca Al-Quran Setiap Hari?

Sekolah Penhafal Al Quran - Apakah anda membaca Al-Quran setiap hari? Apakah sangat fasih atau masih terbata-bata anda membacanya? Apakah anda membaca terjemahannya juga serta membaca tafsirnya? Dan seberapa jauh manfaat yang dapat anda rasakan di kehidupan anda setelah membaca Al-Quran? Adakah hal-hal yang memperngaruhi? Adakah hal-hal yang menarik juga yang membuat anda begitu menyukai dan sangat mencintai Al-Quran tersebut hingga anda dapat berulang-ulang kali membacanya seperti anda membaca buku-buku sastra atau novel koleksi anda?

Apakah membaca Al-Quran hanya sebagai tradisi di bulan Ramadhan saja lalu tanpa perhitungan dan yang penting bisa khatam anda begitu semangat membacanya tanpa membaca terjemahan dan tafsirnya? Dan apakah anda sendiri yang sudah fasih dan mampu membaca Al-Quran juga mengajarkan ilmu tersebut kepada anak-anak atau saudara-saudara anda?

Jujur saja, pertanyaan-pertanyaan di atas sebenarnya hanya ingin di tujukan kepada diri saya pribadi yang selalu luput dan larut di dunia hingga melupakan yang namanya membaca Al-Quran ( tafsir dan terjemahannya ). Padahal sudah jelas di firmankan Tuhan dan di sabdakan oleh baginda Muhammad SAW, bahwa Al-Quran adalah buku ( kitab ) pedoman serta bimbingan hidup manusia di dunia hingga akhir jaman. Artinya sampai kapan pun Al-Quran adalah buku ( kitab ) yang layak di baca dan selalu up date kandungan isi dan beritanya.

Semua ini jadi bahan renungan buat diri pribadi saya kenapa tidak membaca Al-Quran setiap hari dan apa alasannya untuk tidak membaca Al-Quran setiap hari. Padahal kalau untuk buku novel atau sastra, buku pengembangan diri dan motivasi ,buku politik, ilmiah serta bacaan-bacaan yang lainnya kita bisa berjam-jam berkutat dengan bacaan tersebut. Bahkan kita meresensi buku-buku yang kita baca, kita tulis di catatan harian kita. Tetapi Al-Quran kemana isi kandungannya kita tulis? Terbuang begitu sajakah atau di lupakan karena ada buku yang menarik selain itu?

Terlalu banyak dan sangatlah banyak manfaat-manfaat yang dapat di ambil dari membaca Al-Quran salah satunya ialah tips bagi mereka yang ingin berkreasi dengan ide-ide yang produktif, menarik dan inovatif yaitu dengan cara membaca Al-Quran. Karena dengan membaca Al-Quran hati, jiwa dan pikiran menjadi terelaxasi hingga dapat kita melihat sesuatu dengan jernih. Tapi tentu bukan itu tujuan sebenarnya membaca Al-Quran, itu hanya bagian kecil dan sangat-sangatlah kecil dampak dari keuntungan kita membaca Al-Quran.

Lalu, yuk mari ( sekalian mengajak diri sendiri ) kita mulai membaca Al-Quran lagi beserta arti dan tafsirnya mungkin saja ada yang belum hapal dan khatam waktu bulan puasa kemarin, bisa kok di terusin dari sekarang.
Sumber : lifestyle.kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar