Surah Al-Ikhlas itu Sepertiga Al-Qur’an, Benarkah?

Surah Al-Ikhlas itu Sepertiga Al-Qur’an, Benarkah?
Sekolah Penghafal Al Qur'an - Apakah benar Surah Al-Ikhlas itu sepertiga AL-Qur’an? Kalau iya, jika membaca surat al ikhlas sebanyak 3 kali, sudah berarti mengkhatamkan alqur’an? Lalu apakah masih perlu mengkhatamkan dan mempelajari Al-Qur’an dari awal sampai akhir?

Jawabannya: Iya, Surah Al-Ikhlas adalah setara dengan sepertiga Al-Qur’an.

Ada banyak hadits yang menerangkan bahwa surah “Qul Huwallahu Ahad” setara dengan 1/3 Al-Qur’an. Antara lain hadits riwayat Bukhari no 6643, riwayat Muslim no 811 dan 812.

Dalam hadits-hadits ini disebutkan bahwa Surah Al-Ikhlas adalah SETARA dengan sepertiga Al-Qur’an dan bukan sebagai PENGGANTI.

Jadi baca 3 kali Al-Qur’an sama sekali tidak dapat menggantikan keutamaan membaca Al-Qur’an keseluruhan, apalagi menggantikan fungsi Al-Qur’an itu sendiri.
Maka orang yang bernazar membaca sepertiga Al-Quran, ia harus benar-benar membaca 1/3 Al-Quran dari segi jumlah dan kuantitas, dan tidak cukup dengan membaca surah Al-Ikhlas saja. Shalat pun tetap wajib membaca Al-fatihah dan sama sekali tidak bisa digantikan oleh Surah Al-Ikhlas

Adapun kata SETARA dengan sepertiga Al-Qur’an itu dilihat dari segi PAHALA dan MAKNA.

Maksudnya, salah satu keutamaan membaca surah Al-Ikhlas pahalanya seperti membaca sepertiga Al-Qur’an. Artinya, baca tiga kali pahalanya seperti baca Al-Quran secara keseluruhan.

Tapi tetap tidak menggugurkan perintah membaca Al-Quran secara keseluruhan.

Perumpamaannya seperti pahala shalat di Mesjidil haram; satu rakaat shalat disana sama dengan 100.000 rakaat shalat di mesjid lainnya, yaitu dari segi pahala dan sama sekali tidak menggugurkan kewajiban shalat.

Atau seperti orang yang memiliki jam tangan atau barang tertentu yang harganya setara dengan 5 juta rupiah. itu tidak berarti dia tidak perlu uang sama sekali. Sebab dia sendiri perlu makan, minum, tempat tinggal, dan keperluan lainnya. Tidak sama antara memilki barang yang harganya 2 juta rupiah, dengan punya uang dua juta sendiri.

Dan bagaimana pun juga membaca seluruh Al-Quran lebih utama.

Kemudian dari segi makna, ajaran agama yang dijelaskan oleh Al-Qur’an itu terdiri dari tiga bagian: Aqidah, Syariah dan Akhlak.

Ada juga ulama yang mengatakan bahwa pembahasan Al-Qur’an ada tiga: yaitu aqidah, hukum, dan berita gembira dan ancaman.

Surah Al-Ikhlas sudah membahas sepertiga dari rangkaian ini, yaitu tentang aqidah.Sumber

0 komentar:

Posting Komentar