15 Menit Saja untuk Khatam Membaca Al Qur’an 1 Bulan


15 Menit Saja untuk Khatam Membaca Al Qur’an 1 BulanSekolah Pengahafal Al Quran - Kumulai cerita ku berawal dari obroan dengan mamahku sepulang kuliah subuh di bulan ramadhan, mamahku bilang bahwa pa haji yang umurnya 50 tahun lebih dia bisa mengkhatamkan al-Quran dalam satu tahun mencapai 40 kali, subhanalloh, itu artinya dalam satu bulan dia mengkhatamkan al-quran antara 3- 4 kali.

Disini saya berfikir seseorang yang udah berumur 50 tahun bisa menghatamkan sebanyak itu trus kita yang muda bisa mengkhatamkan berapa kali, klo beralasan yang muda sibuk bekerja mari kita telaah sedikit.  Saya jadi teringat ketika saya masih aktif mengaji di suatu lembaga kursus baca quran, kata ustadnya seseorang yang lancar membaca al quran bisa menyelesaikan 1 lembar yang terdiri dalam 2 halaman itu dalam waktu 5-7 menit.

Saya jadi berfikir kembali ketika saya analisis 1 juz Al quran itu memiliki antara 8 – 10 lembar jadi jika kita anggap saja 10 lembar untuk 1 juz quran maka ketika kita menyediakan waktu 15 menit saja setelah selesai sholat fardu sedang sholat fardu itu 5 kali maka 10 halaman bisa kita baca, artinya ketika kita menyediakan waktu 15 menit saja buat baca al quran setelah slesai sholat fardu maka setelah sholat isya bisa menyelesaikan 1 juz quran nah jika 1 hari bisa menyelesaikan 1 juz quran maka 1 bulan kita bisa khatam alquran karena al quran terdiri atas 30 juz untuk 30 hari.

Jadi bisa khan kita menyediakan waktu 15 menit saja buat baca quran setelah selesai sholat fardu agar kita bisa menghatamkan al quran 1 bulan sekali sehingga 1 tahun bisa khatam minimal 12 kali.

Mungkin ini terlalu perhitungan dalam membaca al quran karena seharusnya kita memahami alquran tidak hanya membaca saja tapi bukan kah setiap huruf dari al quran itu merupakan pahala bagi yang membacanya , berikut adalah beberapa hadist yang bisa dijadikan motifasi dalam membaca al-Quran.

barangsiapa membaca al quran dam mengamalkan apa yg ada didalamnya maka pada hari kiamat allah akan mengenakan pada kedua ortunya mahkota kemulian yg cahayanya lebih bagus dari cahaya matahari dalam rumah-rumah di dunia. Lalu apa dugaan kalian pada orang yang melakukan hal ini(membaca dan mengamalkan al quran)?(Hr abu daud)

orang yang baca quran dan ia mahir dalam mebacanya maka ia akan dikumpulkan bersama malaikat yang mulia sedang orang yang membaca quran dan ia masih terbata-bata dan merasa berat dalam membacanya maka ia mendapat 2 pahala (mutafakalaih)

sesungguhya allah mempunya keluarga yg terdiri dari manusia. Para sahabat bertanya: siapakan mereka ya rosul, ia menjawab:yaitu ahlul quran,mereka adalah keluarga Allah dan orang2 yg istimewa bagi Allah(hr ahmad, an nasai, ibnu majah)

nah jika orang yang baca quran punya banyak pahala lalu akan mendapat kemuliaan dan disebut keluarga allah maka masih kah kita melewatkan 1 hari saja tanpa membaca alquran. Sedang jika 15 menit saja kita baca setelah selesai sholat fardu maka 1 bulan kita bisa khatam al-quran. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar