Mudah Membaca dan Menghafal Alquran

Mudah Membaca dan Menghafal Alquran

Sekolah Penghafal Al Qur'an - Setiap Muslim yang baik tentunya ingin bisa membaca Alquran dengan baik. Lebih jauh lagi, juga ingin bisa menghafal Alquran.

Allah SWT sudah menjamin di dalam Alquran bahwa orang yang belajar membaca dan menghafalkan Alquran akan dipermudah. Firman-Nya dalam surah al-Qamar (54) ayat 17 yang artinya, “Sungguh pasti Kami mudahkan Alquran ini untuk diingat (dipelajari). Maka apakah ada yang mau mempelajarinya?” Ini janji Allah kepada siapa saja yang mau mempelajari Alquran, yaitu Allah akan beri kemudahan dalam mempelajarinya.

Agar mampu membaca Alquran dengan baik dan mampu pula menghafalnya, tentu saja setiap Muslim harus mau belajar. Dewasa ini di Indonesia banyak sekali produk mushaf Alquran yang diterbitkan oleh sejumlah penerbit dengan kekhasan dan keunggulannya masing-masing. Perkembangan yang sangat menggembirakan ini tentu saja memudahkan dan memberikan banyak pilihan kepada kaum Muslimin dalam mempelajari dan menghafal Alquran.

Salah satunya Mushaf Al-Kamil: Mushaf Tajdwid Terlengkap dan Hafalan Disertai Kode Garis dan Blok Warna yang diterbitkan oleh Penerbit Darus Sunnah. Sesuai namanya mushaf ini dilengkapi dengan Mushaf Madinah Rasm Ustmani, kajian ilmu tajwid lengkap dan kaidah dalam menghafal Alquran.

Mushaf tersebut menampilkan 38 konten hukum tajwid. Termasuk di dalamnya izhar, iqlab, ikhfa, bermacam-macam idgham, bermacam-macam mad, saktah, isymam, ayat-ayat sajdah, tanda-tanda waqaf, tanda shifr, dan lain-lain. Semua hukum tajwid yang ditampilkan dalam mushaf ini menggunakan kode garis dan blok warna dengan penjelasan hukum tajwid di bawahnya. Adapun pewarnaan tajwid mengacu kepada “Pedoman Tajwid Sistem Warna” Departemen Agama RI.

Di samping itu, terkait khat Madinah Rasm Ustmani, mushaf ini diberi tambahan berupa harakat di awal ayat pada hamzah washl dan nun wiqayah pada huruf berharakat tanwin yang bertemu hamzah washl. Tambahan tersebut diberi tanda kotak. Hal itu merupakan upaya memudahkan para pembaca agar terhindar dari kesalahan dalam membaca.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu pada ayat hafalan, mushaf ini dilengkapi dengan tampilan potongan awal ayat di sisi samping halaman mushaf dengan memberikan tanda blok warna pada ayat dalam mushaf sesuai dengan potongan ayat yang ditampilkan. Hal ini akan sangat membantu bagi mereka yang ingin menghafalkan ayat-ayat Alquran tersebut.

Penerbit mengklaim, ini merupakan mushaf tajwid terlengkap di dunia yang pertama kali hadir dengan menggunakan khat Madinah Rasm Ustmani yang memuat hukum-hukum tajwid secara lengkap dengan kode garis dan blok warna serta ayat-ayat hafalan. Sumber

0 komentar:

Posting Komentar